Inovasi

Sejak resmi menggunakan nama Geng Motor IMUT beberapa inovasi berhasil dikembangkan oleh GMI yang disesuaikan konndisi lokal NTT. Prinsip utama dari pengembangan inovasi oleh GMI adalah murah, mudah dan ramah lingkungan. Berikut inovasi yang dikembangkan oleh GMI :

  1. Depo Bimut

  2. Desalinator IMUT

    Desalinator IMUT merupakan teknologi destilator air laut menjadi air tawar yang dikembangkan GMI sebagai solusi bagi pulau-pulau kecil dengan keterbatasan ketersediaan air tawar. Teknologi ini dapat dikerjakan sendiri oleh nelayan dengan perawatan yang sederhana dan mudah. Saat ini desalinator telah diajarkan kepada masyarakat di 3 pulau kecil di NTT dan warga Karawang, Jawa Barat. Saat ini desalinator telah mengalami pengembangan ke seri yang kedua dengan bahan yang terbuat dari kaca.

    Desalinator IMUT, desalinator yang dikembangkan GMI dengan desain atap jaring laba-laba.

     

  3.  Kompor Biomassa

    Kompor biomassa merupakan teknologi yang dikembangkan GMI sebagai solusi untuk menghilangkan ketergantungan akan minyak tanah. Kompor ini dapat menggunakan kayu dan briket sebagai bahan bakar. Saat ini telah dihasilkan lebih dari 400 unit kompor biomassa yang diproduksi dan dipasarkan oleh Koperasi Tapaleuk Geng Motor IMUT.

    Demonstrasi penggunaan kompor biomassa saat aktifitas Sekolah Jalanan di salah satu desa di wilayah Kabupaten Kupang

    Demonstrasi penggunaan kompor biomassa saat aktifitas Sekolah Jalanan di salah satu desa di wilayah Kabupaten Kupang

  4. Briket Arang

    Briket arang merupakan teknologi pengolahan limbah yang diproduksi sebagai bahan bakar pengganti minyak tanah. Teknologi ini dikembangkan GMI setelah melihat potensi energi baru terbarukan yang melimpah di NTT. Briket diproduksi untuk disuply kepada para pengguna kompor biomassa.

    Briket Arang

    Briket Arang

  5. Minyak VCO

    Minyak VCO merupakan salah satu produk olahan pangan yang diajarkan GMI. Minyak VCO berfungsi membantu memperlancar metabolisme dan fungsi organ tubuh yang mudah dan murah dalam pengolahannya. Minyak VCO sudah diajarkan kepada 40-an desa yang dikunjungi GMI. Salah satu jemaat di Kabupaten Rote Ndao bahkan berhasil membangun rumah pelayannya hanya dengan memproduksi dan menjual minyak VCO setelah diajarkan oleh GMI. Banyak juga testimoni pengguna yang merasakan dampak pada kesehatan tubuhnya setelah mengkonsumsi minyak VCO yang dihasilkan Koperasi Tapaleuk GMI secara rutin.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s