Geng IMUT jadi referensi belajar siswa dan mahasiswa.

“Senang dan sangat terinspirasi dengan aktifitas teman-teman”

Di awal berdirinya, tidak ada yang menyangka Geng Motor IMUT akan begitu cepat diterima dan menjadi laboratorium kecil dunia pendidikan di Kota Kupang. Di bulan ini, 4 lembaga pendidikan mengunjungi Geng Motor IMUT untuk belajar tentang teknologi sederhana di bidang energi yang dikembangkan Geng Motor IMUT.

*****

stikom

Tidak seperti biasanya, lokasi yang biasanya ribut oleh bunyi mesin dan ketukan palu berganti dengan suasana diskusi yang hangat. Lokasi yang tidak seberapa luas itu dibagi dalam beberapa bagian, ada pos untuk desalinator, pos untuk biogas, pos untuk kompor biomassa, pos untuk minyak VCO dan pos untuk pupuk organik. Itulah suasana sekretariat Geng Motor IMUT di bulan November ini. Di bulan ini Sekretariat Geng Motor IMUT benar-benar dimanfaatkan sebagai laboratorium energi bagi beberapa lembaga pendidikan di Kota Kupang. Tercatat 4 lembaga pendidikan datang mengunjungi Sekretariat Geng Motor IMUT. Diawali dengan kunjungan mahasiswa baru Fakultas Peternakan Undana bersama pengurus BEM pada tanggal 15 November 2014, lalu mahasiswa Fakultas Teologia UKAW Kupang, siswa SMP Sekolah Abdi Kasih Bangsa pada tanggal 18 November 2014 serta Mahasiswa Stikom Uyelindo Kupang dan Sekolah Alam Noelbaki pada tanggal 28 November 2014.

Arlen

Beragam respon positif disampaikan oleh mereka yang datang ke Sekretariat geng Motor IMUT. “Ternyata limbah ternak dapat dimanfaatkan menjadi biogas dan mengurangi masalah limbah serta kelangkaan energi. Ini ilmu baru bagi saya” kata Novi salah satu mahasiswa baru Fakultas Peternakan Undana di pos Biogas. Sedangkan Jimy, juga mahasiswa fapet di pos kompor biomassa mengaku tertarik untuk bergabung dengan Geng Motor IMUT. Rio, siswa SMP SAKB mengaku senang bisa berkunjung langsung ke sekretariat geng Motor IMUT karena bisa belajar banyak hal. “Waktu masih SD di SAKB, kakak-kakak dari Geng Motor IMUT pernah mengajari kami cara membuat briket arang, hari ini saya datang langsung dan belajar lebih banyak lagi” kata Rio. Itje Inabui, Principal Sekolah Abdi Kasih Bangsa sangat terkesan dengan inovasi yang dihasilkan Geng Motor IMUT dan memuji teman-teman Geng Motor IMUT karena mampu menciptakan teknologi yang sangat bermanfaat. Saat pulang, beliau membeli beberapa botol minyak VCO dan berjanji untuk merekomendasikan Koperasi Tapaleuk Geng Motor IMUT kepada rekan-rekannya jika ingin membeli minyak VCO.

teologia

Kita bisa gabung dengan geng motor IMUT kah ?” tanya Joao, salah satu siswa sekolah alam. “Saya juga mau ikut kalo ada sekolah jalanan di kampung-kampung”  lanjutnya. Pendapat senada juga dilontarkan oleh siswa sekolah alam yang lain. Mereka sangat senang dan ingin belajar berbagai inovasi yang dihasilkan Geng Motor IMUT. “Ini teknologi yang baik dan ramah lingkungan, kita akan usulkan ke Fakultas untuk menggunakan biogas dan kompor biomassa di Asrama Teologia UKAW” kata Ida mewakili teman-temannya yang memilih teknologi karya Geng Motor IMUT sebagai tema seminar mereka tentang Hubungan Iptek dan Agama.

sete

Demikian juga halnya dengan Maria, Devi, Yus dan Ina dari Stikom Uyelindo Kupang yang datang untuk mendokumentasikan proses pembuatan kompor biomassa dan biogas sebagai proyek akhir semester mereka. Mereka kagum dan senang dengan keberadaan Geng Motor IMUT. “Kami akan ajak teman yang lain untuk datang lagi ke sini. Filmnya akan kami unggah ke media sosial biar makin banyak yang kenal dengan Geng Motor IMUT dan inovasinya” kata Maria yang bertugas sebagai kameramen. “Senang dan sangat terinspirasi dengan aktifitas teman-teman di sini.” katanya saat akan pulang. (yurgen)**

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s